Senin, 11 Februari 2019

ANALISA SISTEM INFORMASI "itemku.com"

ANALISA SISTEM INFORMASI "itemku.com"


itemku adalah sitem informasi berbasis belanja online dengan metode trade pelanggan ke pelanggan yang berfokus pada transaksi produk virtual seperti item, akun, dan mata uang game serta berbagai jenis voucher. itemku memberikan media penjualan produk virtual tersebut dengan metode seperti barter/trade antar. Karena itemku menghandle produk virtual maka tidak diperlukan adanya pengiriman via kurir, hanya kode voucher atau id yang dibutuhkan dan biasanya produk bisa didapat secara instan setelah adanya transaksi.


Dalam bertransaksi, pengguna itemku umumnya memanfaatkan fitur transaksi yang ada di dalam game. itemku berperan sebagai pihak ketiga, atau eskro, yang bertanggung jawab menampung dana dari pihak pembeli hingga pihak penjual selesai mengirimkan pesanan.

Fitur-fitur:
Secara garis besar, itemku memiliki 5 fitur,
1.     Registrasi:
Fitur Registrasi merupakan fitur yang membolehkan user untuk bergabung dan mendaftar di itemku. Untuk Registrasi pun mudah hanya tinggal mengisi biodata yang dibutuhkan, seperti email, password, alias, nomor hp, dan lain-lain.
2.     Tokoku
Selain itu ketika telah menjadi pengguna itemku, secara otomatis user mendapatkan fitur-fitur user, salah satunya adalah Tokoku. Fitur ini membolehkan user untuk membuka tokonya sendiri di website tersebut, namun dengan syarat adanya informasi yang jelas seperti nama asli, nomor rekening serta bank yang ia gunakan. Pada tokoku ini, user bisa menjual produk virtualnya seperti voucher dan item atau pun mata uang game.
3.     Pembelian / Transaksi
Fitur ini juga merupakan salah satu fitur yang hanya bisa di akses ketika sudah terdaftar sebagai user itemku. Fitur ini membolehkan user untuk bisa membeli produk yang tersedia di itemku. Jadi user bisa memilih produk yang ia inginkan.

Memilih kategori produk yang di inginkan

Memilih produk yang diinginkan dari daftar yang disediakan


Dari pembelian tersebut, user bisa memilih antara pembayaran melalui bank atau langsung melalui virtual currency yang disediakan oleh itemku yakni dompetku

Klik beli sekarang untuk membeli

Setelah membeli maka ada proses pemberian data diri dan pembayaran

Pilih metode pembayaran



Dan pembelian juga bisa dibatalkan

4.     Dompetku
Fitur ini merupakan virtual currency / e-money yang disediakan oleh itemku untuk transaksi di web tersebut sehingga user bisa mengisi Dompetku sebelum pembelian dengan tujuan memudahkan transaksi agar tidak perlu transfer ke bank atau pun melalui Indomaret


5.     Pesan
Fitur ini merupakan fitur yang membolehkan pembeli untuk berkomunikasi langsung dengan penjual, sehingga pembeli bisa menanyakan hal-hal seperti stock, cara kerja jasanya, ataupun tukar menukar id yang dibutuhkan

Klasifikasi Fitur Aplikasi
  • Teknologi End User : Website itemku, Register, dan Tokoku, Katalog
  • Teknologi Database : Cloud Computing
  • Pembayaran : ATM, Indomaret, Transfer Bank, Dompetku, OVO
  • Keamanan transaksi : itemku

SISTEM INFORMASI "itemku.com"
Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Berikut Sistem Informasi itemku.com
1.     Transaction Processing System
Transaction Processing System adalah bagian dari sistem informasi yang merupakan sistem yang menjalankan transaksi setiap hari. Pada kasus itemku, untuk melakukan transaksi pada itemku, user bisa melakukan pembelian terhadap penjual, dan penjual juga bisa menawarkan produk yang ia inginkan ke pembeli. TPS juga ditemui ketika adanya register user pada itemku. Pembayaran baik produk virtual maupun virtual currency juga merupakan bagian dari TPS

2.     Process Control System
Process control system yang ditemukan pada itemku adalah pada syarat-syarat dan ketentuan pembelian, dimana ketika tidak diberikan informasi yang cukup, maka pembelian tidak dianggap bisa, seperti metode pembayaran, atau jumlah barang, atau jumlah stok

3.     Enterprise Collaboration Systems
itemku memiliki kerja sama dengan bank dan berbagai market yang ada dalam transaksinya, beragam dari bank BRI, Mandiri, hingga OVO, dan Indomaret.
4.     Management Information System
Management Information System (MIS) adalah sebuah sistem atau proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengelola organisasi secara efektif dalam suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. Pada itemku, MIS juga ditemui baik dari penjual, maupun dari pihak pemilik itemku ini. Pada penjual dapat ditemui pada informasi berapa banyak dagangan yang telah terjual sehingga dapat dihitung berapa pemasukan yang didapat. Sedangkan pada pihak web sendiri adanya informasi terhadap barang yang sedang dalam transaksi dan sedang menunggu pembayaran, ataupun adanya barang dalam transaksi yang sedang menunggu konfirmasi selesai.


5.     Decision Support Systems
Merupakan middle management di dalam perusahaan yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan jangka pendek, target laba, target penjualan, trend pasar berdasarkan trend produk, inovasi produk, dan sebagainya. DSS Merupakan suatu sistem yang memberikan dukungan komputer secara langsung kepada seorang manajer dalam proses pengambilan/pembuatan keputusan.
Pada itemku, DSS diterapkan pada sistem rekomendasi produk berdasarkan toko yang relevan dan harga yang murah, dengan tujuan memudahkan user dalam mengambil keputusan dan juga pemilik web dimudahkan dalam hal promosional dan menarik pelanggan

6.     Executive Informations Systems
Merupakan top level pada piramida perusahaan, yangmana menjalankan tugasnya sebagai staf ahli atau expert staff yang melakukan keputusan jangka panjang, jenis produk yang dilakukan dalam kegiatan usaha, jenis bidang usaha yang dilakukan, dan sebagainya.
Pada itemku EIS diterapkan pada sponsorship dan juga afiliasi saham. Dengan adanya data-data pemasukan yang didapat dari penjualan dan sponsorship, maka CEO bisa mengusulkan ajuan saham kepada pemilik saham atau pun kerjasama terhadap perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar